Minggu, 29 September 2013

VISIO


Pengertian dari microsoft visio
Microsoft Visio adalah aplikasi yang digunakan untuk merancang suatu model perencanaan, model ini dimanfaatkan untuk kebutuhan developer maupun engineering yang didesain untuk berbagai macam kebutuhan. Adapun untuk mengaktifkan Microsoft visio adalah sebagai berikut:
1. Klik menu start di windows
2. Sorot kursor mouse di program dan klik >
3. Pilihlah shortcut menu Microsoft Visio dan klik mouse




4. Maka Kita mulai masuk pada menu visio sebagai berikut :




  • Fungsi Menu Pada Microsoft Visio
Pada Microsoft Visio terdapat beberapa menu pilihan mulai dari menu file, edit, view, insert, format, tools, shape, windows maupun help. Menu-menu ini memiliki kemiripan dengan aplikasi lain yang dibuat oleh Microsoft, dengan beberapa diantaranya merupakan menu khusus yang didesain untuk Visio itu sendiri.

Menu file hampir sama dengan format menu pada program-program rancangan Microsoft lain, yang terdiri dari sub menu New, Open, Close, Save, Save as.., Save as Web Page….., search …, Stensil, Find Shape, Page Setup, Print Preview, Print, Send to.., dan Exit.

Adapun pada submenu new terdapat tanda > yang menunjukkan sub menu dari new yang berisikan menu-menu yang dapat dipilih sesuai dengan kategori desain gambar yang kita kehendaki. Adapun pilihan tersebut dapat juga dilakukan melalui taskpane bar, seperti yang terlihat sebagai berikut :




Untuk pilihan menu new dengan memilih choose drawing type akan menampilkan pilihan gambar dengan tampilan animasi berdasarkan kategori yang dikehendaki seperti terlihat berikut :




pilihan new drawing dapat pula dipilih dengan mengklik icon new yang terdapat pada toolbar menu.


DataFlow Diagram (DFD)
Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan system sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama
lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi. DFD ini sering disebut juga dengan nama Bubble chart, Bubble diagram, model proses, diagram alur kerja, atau model fungsi.
DFD ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.
DFD ini merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program.

Komponen Data Flow Diagram

1. Kesatuan luar ( External Entity )
Kesatuan luar merupakan kesatuan di luar lingkungan sistem yang akan memberikan masukan / menerima keluaran dari sistem. Kesatuan luar disimbolkan dengan suatu notasi kotak dengan sisi kiri dan atasnya berbentuk garis tebal serta dapat di beri identifikasi dengan huruf kecil di ujung kiri atas.
Lihat pada gambar.
2. Arus data ( Data Flow )
Arus data di DAD di beri simbol suatu panah. Arus data ini mengalir di antar proses simpanan data dan kesatuan luar, yang menunjukan arus dari data yang dapat berupa masukan untuk sistem atau hasil dari proses sistem dan dapat berbentuk antara lain :
  • Formulir atau dokumen yang digunakan di perusahaan.
  • Laporan tercetak yang di hasilkan oleh sistem.
  • Tampilan di layar komputer yang di hasilkan oleh sistem.
  • Data yang dibaca atau direkamkan ke suatu file.
Arus data sebaiknya di beri nama yang jelas dan mempunyai arti. Nama dariarus data dituliskan di samping garis panahnya.
Lihat pada gambar.


3. Proses ( Process )
Suatu proses adalah kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil suatu arus data yang masuk ke dalam proses untuk dihasilkan arus data yang akan keluar dari proses.Notasi proses dapat digambarkan dengan menggunakan lingkaran.Didalam penamaan proses
biasanya berbentuk kalimat yang diawali dengan kata kerja. Nama ini digunakan untuk menguraikan proses apa yang akan dilakukan.
Lihat pada gambar.



4. Simpanan data ( Data Store )
Simpanan data merupakan simpanan dari data yang dapat berupa file atau database, arsip atau catatan manual, tabel acuan manual dan sebagainya. Biasanya digambarkan dengan sepasang garis horisontal paralel yang tertutup disalah satu ujungnya.
Lihat pada gambar.

Keseimbangan (balancing) dalam DFD
  1. Aliran data yang masuk kedalam dan keluar dari suatu proses harus sama dengan aliran data yang masuk kedalam dan keluar dari rincian proses tersebut.
  2. Nama aliran data yang masuk kdalam dan keluar dari suatu proses harus sama dengan nama aliran data yang masuk kedalam dan keluar dari rincian proses tersebut.
  3. Jumlah dan nama entitas luar dari suatu proses harus sama dengan jumlah dan nama entitas luar dari rincian proses tersebut.
Larangan dalam DFD
Dalam menggambar/ mendesain DFD ada beberapa hal yang harus dihindari, sehingga DFD tersebut menggambarkan secara keseluruhan system yang akan dirancang, hal-hal tersebut adalah:
  1. Arus data tidak boleh dari entitas luar langsung menuju entitas luar lainnya, tanpa melalui suatu proses.
  2. Arus data tidak boleh dari simpanan data langsung menuju keluar entitas, tanpa melalui suatu proses.
  3. Arus data tidak boleh dari simpanan data langsung menuju ke simpanan data lainnya, tanpa melalui sutu proses.
  4. Arus data dari satu proses langsung menuju proses lainnya, tanpa melalui suatu simpanan data, sebaiknya/ sebisa mungkin dihindari.

AUTO CAD

AUTOCAD

Banyak yang telah menjadi member kursus autoCAD gratis ini, tapi sangat sangat lebih banyak lagi yang belum mendaftar  itu artinya peminat aplikasi ini belum begitu banyak dikenal orang dan ini merupakan nilai PLUS untuk kita “anda pasti tahu kan?”. Sekedar informasi, cobalah anda berlangganan situs lowongan kerja seperti: karir.com, jobsdb.com atau jobsreet.com dari sana kita bisa melihat bahwa kesempatan untuk seorang Drafter sangat banyak, hampir tiap hari selalu ada dan pernah saya check ada sebuah perusahaan yang hampir 1 bulan lamanya masih mencari seorang Drafter. INGAT… seorang Drafter masih langka, Jadi jangan sia-sia kan kesempatan emas ini.
 Kenapa saya memberikan kursus AutoCAD gratis ini kepada anda secara full dan free? Saya tegaskan di sini siapapun yang telah, sedang dan akan menempuh pendidikan technical, perlu adanya satu keahlian khusus terutama bidang gambar. Bahkan seorang jurusan teknik industri sekalipun.

Baiklah untuk kembali menyegarkan pikiran kita, saya di sini menggunakan AutoCAD 2005. Ingat, anda tidak perlu langsung naik tingkat. Artinya; bahwa versi 2000 hingga 2010 pada prinsipnya sama, mungkin untuk 2009/2010 ada perbedaan tampilan dan featur, tapi prinsipnya tidak jauh berbeda. Laksana Ms. Word 2000 dengan Ms. Word terbaru. Sama saja kan? Sebetulnya saya di kantor menggunakan versi 2009 dan di rumah versi 2005. That is No problemo…..

Pertanyaannya adalah: Jika anda menggunakan AutoCAD terbaru atau sebelum v 2005 masih bisakah mengikuti kursus ini? BISA, karena saya membuat materi secara umum sehingga tidak ada masalah untuk semua versi “Kecuali versi non windows” . Bagaimana DEAL?

Baiklah, pertama saya akan memberikan sebuah image seperti di bawah, anda harus menghapal nama bar-bar yang tertera di Jendela window AutoCAD. Hal ini untuk memudahkan anda memahami materi yang akan saya sampaikan nantinya.


BAGIAN LAYAR KERJA

Saya tidak akan membahas panjang lebar tentang judul di atas secara terperinci karena saya yakin anda telah mengetahui bagian-bagian tsb layaknya pada program windows lainnya seperti menu bar, tittle bar dsb. SETUP AWAL

Beberapa versi AutoCAD ketika pertama kali distart / awal terbuka terkadang memiliki option pilihan template atau option browse file. Agar option ini tidak selalu muncul :

Pada Menu bar –> Tools –> Options –> System

Pada layanan startupnya pilih “do not show a startup dialog”

CARA MEMASUKKAN PERINTAH

Banyak cara untuk memasukkan perintah pada AutoCAD, mulai dari menu bar atau ketik langsung. Misal kita akan memberikan perintah “line” atau garis.

Pada menu bar –> Draw –> Line

Apabila secara langsung, anda bisa langsung mengetik LINE  di command window dari keyboard anda. Untuk AutoCAD versi 2007 keatas biasanya text muncul bukan di command windows lagi tapi di layar kerja disamping cursor mouse. Setelah anda mengetikkan perintah misal: LINE lalu tekan tombol Enter.
 Line ┘(Enter)
 Maka kursor akan berubah dan siap mengeksekusi perintah (seperti pd gambar).
 MEMBATALKAN EKSEKUSI PERINTAH
 Pembatalan perintah dapat dilakukan dengan menekan tombol Esc. Misalnya, jika anda telah mengetikan perintah LINE ┘(kursor telah berubah) maka anda tinggal menekan tombol Esc. Dan seterusnya anda bisa mengetikan perintah yang lainnya.

Line ┘(Enter)

Esc
 PENYIMPANAN FILE
 Seperti halnya program-program yang lainnya, AutoCAD juga mempergunakan perintah save atau saveas untuk menyimpan file. Untuk AutoCAD file yang telah di simpan memiliki extensi dwg (drawing).
 Pada menu bar –> File –> Save
 Atau bila diketik:
 save  ┘ atau
saveas  ┘ untuk membuat nama file yang lain.
 Perlu diingat dalam mengetikkan perintah jangan menggunakan spasi seperti save as jangan di pisahkan tapi harus saveas , karena dalam AutoCAD tombol spasi berfungsi sama halnya seperti tombol Enter (┘).
 Sebelum kita mulai membuat object seperti: Garis, lingkaran, ellips. rectangle dll ada baiknya anda saya ajak untuk mengetahui komponen yang sangat berguna untuk mempermudah anda dalam menggambar.

1. Grid

2. Alias

3. Snap

4. Orto

5. dan Osnap

LINE
 LINE adalah suatu object gambar yang berbentuk garis. Untuk mempermudah memahami ke 4 komponen tsb di atas sebaiknya kita terapkan dalam pembuatan garis.



Modify Command (Perintah Modifikasi)

1.  Erase
 Erase atau hapus adalah perintah yg dipergunakan untuk menghapus object.
 Perintahnya sbb:
 Command: e ┘
 Select objects:  (Pilih objek yg akan dihapus) 1 found
 Select objects:  ┘ (Jika tidak ada objek lain yg akan dihapus tekan Enter)
 Atau anda bisa memilih dulu objek yag akan dihapus, terus tekan tombol delete atau icon erase.
 
Setelah objek di pilih lalu tekan tombol delete.

2. Copy
 Layaknya pada program lain, copy di sini memiliki fungsi yang sama yaitu menduplikasi objek.


Perintahnya sbb:
 Command: co  ┘
 Select objects:  (Pilih lingkaran (A)) 1 found
 Select objects:   ┘ (Jika tidak ada objek lain yg akan dicopy)
 Specify base point or displacement:  Click sembarang tempat (ditengah layar saja)
 Specify second point of displacement or  <use first point as displacement>: @100<0 ┘
 Specify second point of displacement:  ┘
 Sekarang objek lingkaran sudah dicopy kesebelah kanan (B) dg jarak 100 mm
 3. Mirror
 Mirror atau Cermin adalah perintah yg memungkinkan objek dapat di duplikasi / pindah menurut titik atau objek lain sebagai acuan.
 Perhatikan gambar berikut:
 Setelah objek di pilih lalu tekan tombol delete.

2. Copy

Layaknya pada program lain, copy di sini memiliki fungsi yang sama yaitu menduplikasi objek.

Perintahnya sbb:

Command: co  ┘

Select objects:  (Pilih lingkaran (A)) 1 found

Select objects:   ┘ (Jika tidak ada objek lain yg akan dicopy)

Specify base point or displacement:  Click sembarang tempat (ditengah layar saja)

Specify second point of displacement or  <use first point as displacement>: @100<0 ┘

Specify second point of displacement:  ┘

Sekarang objek lingkaran sudah dicopy kesebelah kanan (B) dg jarak 100 mm

3. Mirror

Mirror atau Cermin adalah perintah yg memungkinkan objek dapat di duplikasi / pindah menurut titik atau objek lain sebagai acuan.

Perhatikan gambar berikut:

Command: mi  ┘

Select objects: (Pilih lingkaran, 2 garis pusat (merah) dan garis miring (merah) di gambar (1)) 4 found

Select objects:  ┘

Specify first point of mirror line:  (Klik ujung garis dekat huruf A)

Specify second point of  mirror line: (Klik ujung garis dekat huruf B)

Delete source objects? [Yes/No] <N>: n ┘

Hasilnya seperti yang terlihat di gambar (2)

4. Offset

Perintah offset dipergunakan untuk menduplikasi objek dengan jarak pergeseran tertentu. Offset ini sering dipergunakan apabila hasil penduplikasian diperlukan untuk objek tertutup dan terbuka.

Buatlah sebuah lingkaran terlebih dahulu dengan ukuran jari-jari = 30

Command: C ┘

CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]:

Specify radius of circle or [Diameter] <0.0000>: 15 ┘

Kemudian tambahkan perintah Offset,

Command: O ┘

OFFSET

Specify offset distance or [Through] <0.0000>: 5 ┘

Select object to offset or <exit>: (pilih lingkaran)

Specify point on side to offset: (klik di tengah lingkaran tsb)

Select object to offset or <exit>: ┘

Maka jarak antara kedua lingkaran tsb adalah 15 (gambar di bawah)


5. Array

Array merupakan perintah modifikasi dalam menduplikasi/memperbanyak objek. Ada dua macam array yaitu sistem rectangular dan polar.

Berikut perbedaannya:

- Rectangular array

Command: AR ┘

ARRAY

Ketentuan:

Select Object = Pilih objek kedua lingkaran di atas
Rows = Jumlah baris objek
Columns = Jumlah kolom objek
Rows offset = Jarak baris objek
Rows offset = Jarak kolom objek


- Polar array

Command: AR ┘

ARRAY

Ketentuan:

Select Object = Pilih objek lingkaran paling kecil di atas
Center point = Pilih titik pusat kedua lingkaran (lingkaran besar)
Total number of item = Jumlah objek yg akan di array
Angle = Besar derajat putaran

6. Move

Perintah MOVE (Memindahkan) di dalam AutoCAD sangat sering dipergunakan dan merupakan perintah yang sangat vital. Adapun cara mempergunakan perintah Move ini sbb:

Buatlah sebuah Rectangle terlebih dahulu dengan ukuran panjang = 30 dan lebar= 60 (JIka lupa, anda bisa kembali melihat cara pembuatan sebuah Rectangle), kemudian buat sebuah lingkaran dengan jari2= 20 (terlihat pada gambar (1).

Cara perintah Move pada sebuah Rectangle:

Command: M ┘

MOVE

Select objects: (Pilih Rectangle) 1 found

Select objects:  ┘

Specify base point or displacement: (Klik sembarang di layar gambar)

Specify second point of

displacement or <use first point as displacement>: @30<0 ┘

Maka Rectangle tadi sudah pindah sebesar 30 kekanan 0 derajat (Gambar 2).



7. Rotate

Perintah Rotate (Memutarkan) di dalam AutoCAD pun tak kalah pentingnya dimana sebuah objek dapat diputar secara bebas terhadap titik tertentu. Adapun cara mempergunakan perintah Rotate ini sbb:
Dengan mempergunakan kedua contoh objek yang tadi (Gambar 1), dimana kita akan mencoba memutarkan Rectangle sebesar 90 derajat dari titik tengah lingkaran

Cara perintah Rotate pada sebuah Rectangle:

Command: RO ┘

ROTATE

Current positive angle in UCS:  ANGDIR=counterclockwise  ANGBASE=0

Select objects: (Pilih rectangle yang tadi) 1 found

Select objects: ┘

Specify base point: (Klik titik tengah lingkaran)

Specify rotation angle or [Reference]: 90 ┘

Sekarang rectangle telah terputar sebesar 90 derajat (Gambar2)

Coba anda ganti sudatnya menjadi 45 atau yang lainnya (Di bawah 360 derajat) juga coba anda masukan dengan nilai negatif. Apa yang terjadi?

1. ZOOM

Perintah zoom biasanya dipergunakan untuk memperbesar atau memperkecil pandangan terhadap objek gambar.

Anda bisa memasukkan perintah Zoom ini melalui pull-down menu atau pun melalui command windows.
Untuk perintah di Command windows seperti berikut:

Command: Z ┘

ZOOM

Specify corner of window, enter a scale factor (nX or nXP), or

[All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window/Object] <real time>: w


Sebelum

Specify first corner: (pilih X1)

Specify opposite corner: (pilih X2)

Sesudah

Ketika anda mengetikkan “w”, artinya anda menggunakan option zoom Windows dimana pembesaran objek sesuai dengan area antara 2 pilihan titik.

Adapun untuk Zoom ini dibagi menjadi beberapa bagian; diantaranya:

- Zoom Windows

Dipergunakan untuk memperbesar tampilan objek yang ada di dalam kotak (windows) layar penuh.

- Zoom All

Dipergunakan untuk memperkecil tampilan objek secara keseluruhan. Bahkan objek yang berada di luar grid pun akan terbawa.

- Zoom Scale

Dipergunakan untuk memperbesar/memperkecil tampilan objek yang ada tergantung dengan scala pembesaran yang ditentukan. Semakin besar scala yg diberikan maka semakin besar pula pembesaran tampilan objek, begitupun sebaliknya.

- Zoom Center

Perinsipnya hampir sama dengan zoom windows namun zoom center memiliki penentuan titik pusat.

- Zoom Previous

Dipergunakan untuk kembali ke tampilan Zoom sebelumnya.

- Zoom Dynamic, Realtime, In, out
 Memiliki fungsi yang sama namun sedikit perbedaan penggunaan dan tampilan
 Apabila mouse anda memiliki Wheel (roda) maka penggunaan wheel bisa dialih fungsikan menjadi fungsi zoom.

COREL DRAW


 PENGERTIAN COREL DRAW

Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 15 yang dinamai X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. Corel Draw pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Versi Corel Draw untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.
Versi CorelDRAW X5 memiliki tampilan baru serta beberapa aplikasi baru yang tidak ada pada CorelDRAW versi sebelumnya. Beberapa aplikasi terbaru yang ada, di antaranya Quick Start, Table, Smart Drawing Tool, Save as Template, dan lain sebagainya.

Fasilitas Dasar Corel Draw

Quick Start

Pertama kali perangkat lunak CorelDRAW diaktifkan, sistem akan menampilkan kotak dialog welcome. Pada kotak dialog ini, lembar proses yang yang dapat diaktifkan, yaitu:
  • quick start: aplikasi ini dapat membantu untuk mempermudah mempersiapkan ruang perancangan grafis baru atau pengubahan rancangan grafis yang pernah dibuat sebelumnya.
  • what’s new: aplikasi yang menginformasikan fasilitas baru yang disediakan pada perangkat lunak CorelDRAW X4.
  • learning tools: alat yang mempermudah pemakai perangkat lunak CorelDRAW mempelajari fasilitas yang disediakan.
  • galeri: galeri digunakan untuk mengunjungi situs komunitas pemakai CorelDRAW. Pada situs tersebut terdapat berbagai rancangan grafis profesional yang menggunakan perangkat lunak CorelDRAW.
  • updates: aplikasi yang digunakan untuk mengunjungi situs resmi perangkat lunak CorelDRAW untuk berbagai keperluan. Salah satunya, yaitu untuk memperbarui model sistem CorelDRAW.

Hints

Hints berada pada sisi kanan kotak dialog utama sistem. Fasilitas ini memberikan petunjuk apa dan bagaimana memproses suatu objek gambar/teks.

Menu Bar

Menu Bar berada pada bagian atas kotak dialog utama sistem. Sistem menu CorelDRAW X4 menggunakan standar sistem operasi Windows yang sangat memudahkan pemakaian.

Standard Toolbar

Standard toolbar terletak di bawah menu bar. Pada standard toolbar, sistem meletakkan simbol proses cepat. Misalnya terdapat simbol seperti folder untuk membuka suatu data grafis CorelDRAW.

Property Bar

Property bar adalah fasilitas tambahan yang muncul setelah memilih salah satu alat dalam fasilitas toolbox. Tujuannya untuk mempermudah pemakaian alat fasilitas toolbox terpilih. Property bar biasanya berada di bawah standard toolbar..

Toolbox

Toolbox biasanya terletak di bagian paling kiri. Sistem meletakkan sebagim memberi tanda lipatan pada sisi kanan bawah alat fasilitas toolbox yang memiliki subalat. Untuk menampilkan daftar subalat tersebut dapat dilakukan dengan mengklik dan menahan simbol alat yang bersangkutan.Jika kita masuk ke corel nanti error tak usa h diulangulang masuk-masuk terus,biar error toolbok,toolbar aneh tak seperti biasanya.

Status Bar

Sistem meletakkan berbagai informasi pada baris status yang terdapat pada sisi bawah kotak dialog utama. Informasi tersebut berkenaan dengan objek gambar/teks dan/atau alat proses terpilih.

Color Palette

Color palette atau kotak warna terletak di bagian paling kanan kotak dialog utama. Untuk memberi warna pada objek gambar/teks cukup melakukan klik seperti biasa. Sedangkan untuk memberi warna garis, klik kanan pada warna yang dipilih dalam kotak warna.

Dialog Box

Sistem CorelDRAW akan meletakkan sejumlah pilihan proses dari fasilitas yang komplek pada suatu kotak dialog. Fasilitas yang bersangkutan dapat diatur melalui kotak dialog tersebut. Misalnya, pengubahan format objek gambar dari vektor ke bitmap melalui menu bitmaps submenu convert to bitmap.

Docker

Sistem meletakkan sejumlah kotak dialog fasilitas yang (dianggap) sering digunakan dalam bentuk tetap pada sisi kanan kotak dialog. Format tersebut disebut dengan docker. Fasilitas ini dapar ditampilkan melalui menu window submenu docker.

Fixed/Floating Toolbar

Salah satu keistimewaan dari sistem CorelDRAW X4, yaitu fasilitas toolbox kotak warna, menu bar, standard toolbar, dan/atau property bar yang dapat digeser dan ditempatkan di sembarang lokasi. [1]

Operasi Dasar

Objek Garis

Pada sistem CorelDRAW X4, objek garis dapat dibentuk melalui curve tool yang ada pada fasilitas toolbox. Adapun subalat pada fasilitas curve tool berupa:
  • freehand tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus atau garis yang tidak beraturan.
  • bezier tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus dan garis yang tidak beraturan secara bersamaan.
  • artistic media tool: alat ini digunakan untuk membentuk berbagai objek garis artistik. Dalam menentukan bentuk garis artistik tersebut, gunakan simbol yang ada di sisi kiri fasilitas property bar, lalu tentukan spesifikasi konfigurasinya pada sisi kanannya.
  • pen tool: pemakaian pen tool hampir serupa dengan pemakaian bezier tool.
  • polyline tool: pemakaian polyline tool hampir sama dengan freehand tool.
  • 3 point curve tool: alat ini digunakan untuk membentuk garis melingkar dengan mudah dan cepat.
  • connector tool: alat ini digunakan untuk menghubungkan beberapa objek gambar. Misalnya, membentuk garis penghubung alur diagram.
  • dimension tool: alat ini digunakan untuk membentuk garis dimensi vertikal, horizontal, diagonal, dan sebagainya. Untuk membentuk garis dimensi horizontal/vertikal secara otomatis, gunakan simbol auto aimension tool yang terdapat di sisi kiri fasilitas property bar ketika alat ini aktif.

Brosur


Brosur, pamflet, atau buklet adalah terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu (antara lain dengan stapler, benang, atau kawat), biasanya memiliki sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras. Menurut definisi UNESCO, brosur adalah terbitan tidak berkala yang tidak dijilid keras, lengkap (dalam satu kali terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman, di luar perhitungan sampul.[1]
Di Inggris dari abad ke-16 hingga abad ke-18, istilah pamphlet digunakan untuk ringkasan risalah yang kontroversial mengenai topik-topik aktual, umumnya berhubungan dengan agama atau politik.[1]

Bentuk dan isi

Bila terdiri dari satu halaman, brosur atau pamflet umumnya dicetak pada kedua sisi, dan dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang terpisah. Pamflet yang hanya terdiri dari satu lembar/halaman sering disebut selebaran (bahasa Inggris: leaflet, flier, atau flyer). Selain itu, brosur yang memuat informasi tentang produk disebut juga sebagai katalog produk atau sering hanya disebut katalog.
Brosur atau pamflet memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah dipahami dalam waktu singkat. Brosur juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di atas kertas yang baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.
Buklet sering memiliki sampul, halaman judul, dijilid, dan memiliki jumlah halaman lebih banyak dari pamflet. Bentuknya sering terlihat seperti buku berukuran kecil. Berbeda dengan brosur atau pamflet, buklet bukan merupakan sarana beriklan secara langsung.
Sejumlah produk konsumen seperti barang elektronik, sering menyertakan buklet berisi spesifikasi produk atau penjelasan cara penggunaan. Buklet yang menyertai barang elektronik kadang-kadang memiliki jumlah halaman yang banyak dan tidak untuk habis dibaca dalam satu kali kesempatan. Album rekaman, seperti kaset atau CD sering menyertakan buklet yang berisi lirik lagu, foto, dan nama-nama artis pendukung.

PHOTOSHOP

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklansehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.
Photoshop tersedia untuk Microsoft WindowsMac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.


SEJARAH SINGKAT
Seorang profesor dari Michigan (USA) bernama Glenn Knol membuat sebuah eksperimen untuk mengolah foto secara digital. Dengan alat seadanya, sang profesor bekerja keras di ruang gelap (dark room) milik pribadinya. Beliau memiliki dua orang anak yang bernama: John Knoll dan homas Knoll. 


Kedua anak tersebut meneruskan cita-cita ayahnya untuk membuat sebuah program pengolah gambar secara digital tersebut. Singkat cerita, akhirnya kedua saudara tersebut berhasil menciptakan sebuah program aplikasi pengolah gambar yang saat itu masih sederhana. Atas penemuan tersebut, sebuah perusahaan bernama Image Scan memberikan lisensi. Namun selang satu tahun, lisensi diambil alih oleh Adobe Corporation. Kemudian program pengolah gambar tersebut diberi nama Adobe Photoshop. 
Versi terakhir adalah CS5 atau lebih dikenal dengan Adobe Photoshop CS5 (Creative Suite). Memang, pada awal terciptanya Photoshop hanya ditujukan untuk keperluan pengolah gambar (fotografi). Thomas Knoll bersama timnya akhirnya mengembangkan Photoshop untuk berbagai keperluan seperti: web design (Image Ready), publishing (Photoshop), animasi (Image Ready), digital painting (Photoshop), dan bidang lainnya.  Para web design maupun graphic design cenderung lebih banyak menggunakan program Adobe Photoshop untuk membantu pekerjaan di bidang masing-masing karena mudah digunakan, memiliki warna cerah, mendukung plug-in dari pihak ketiga, dan hasil output yang fantastik.


Jadi, Apa Itu Photoshop?
 Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi perangkat lunak editor gambar buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek, atau biasa disebut layer style. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan, Photoshop Selain memiliki fitur yang mudah untuk di pahami, photoshop juga memiliki beberapa unggulan fitur yang mampu bekerja maximal, hingga mensuport beberapa file, sehingga bagi kamu seorang desain grafis, ini merupakan salah satu syarat jika kamu pengen masuk ke dunia desain grafis, photoshop dengan segala fasilitasnya.

Photoshop mengkhususkan dirinya sebagai perangkat lunak untuk mengedit gambar dalam format BITMAP (Lihat tulisan mengenai  BITMAP VS VECTOR). Oleh karena itu Photoshop seringkali digunakan oleh para fotografer karena foto adalah salah satu gambar dengan format BITMAP. Saat ini Photoshop merupakan perangkat lunak terbaik di kelasnya. ‘Hampir’ tidak ada tandingannya.


Fitur –Fitur
 Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web atau biasa disebut Website. 
Format File
Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:
PSD (Photoshop Document) adalah format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask,opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone. Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka. 
PSB' adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB
PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.

Photoshop adalah software yang digunakan untuk memodifikasi gambar atau
foto secara profesional baik meliputi modifikasi obyek yang sederhana maupun yang
sulit sekalipun. Photoshop merupakan salah satu software yang berguna untuk
mengolah gambar berbasis bitmap, yang mempunyai tool dan efek yang lengkap
sehingga dapat menghasilkan gambar atau foto yang berkwalitas tinggi (jika ingin lebih
jauh mengetahui tentang gambar berbasis bitmap silakan download dokumennya di
sini).Kelengkapan fitur yang ada di dalam Photoshop inilah yang akhirnya membuat
software ini banyak digunakan oleh desainer grafis profesional. Dan mungkin juga
sampai saat ini masih belum ada software desain grafis lain yang bisa menyamai
kelengkapan fitur dalam Photoshop.


FUNGSI-FUNGSI PHOTOSHOP


Seringkali letak tool-tool (palette) Adobe Photoshop sudah berubah dimodifikasi oleh pengguna sebelumnya. Untuk mengembalikan letak palette ini gunakan menu Windows -> Workspace -> Reset Palette Location.
Area kerja Adobe Photoshop dapat dilihat pada gambar 1.1, yaitu:
A : Menu Bar, berisi perintah utama untuk membuka file, save, mengubah ukuran gambar, filter dan lain-lain.
B : Option, berisi pilihan dari tool yang Anda pilih. Misalnya dipilih kuas/brush, maka ukuran/diameter brush ada di sini.
C : Gambar, menampilkan gambar yang sedang dibuat atau diedit.
D : Pallete Well, cara cepat untuk mengakses palet brushes, tool resets dan Layer Comps. Juga dapat digunakan untuk meletakkan palet yang sering digunakan.
E : Toolbox, berisi tool untuk menyeleksi dan memodifikasi gambar.
F : Palette, berisi jendela-jendela kecil yang di dalamnya terdapat perintah dan pilihan untuk dokumen/gambar yang sedang dikerjakan.
Keterangan dan Praktek:
Membuka dokumen dan membuat duplikat dokumen
Untuk membuka gambar gunakan menu File -> Open, sedangkan untuk membuat duplikat gambar gunakan menu Image -> Duplicate.
Mengubah ukuran gambar dan kanvas
Jika ukuran gambar diubah, maka gambar akan membesar atau mengecil, lakukan dengan menu Image -> Image Size. Jika ukuran kanvas diubah, maka ukuran gambar tetap, akan ada kertas putih di sekeliling gambar, lakukan dengan menu Image -> Canvas Size.
Mencoba ToolBox
Cobalah tool-tool pada ToolBox, satu persatu akan dibahas pada bab berikutnya. Coba klik kanan pada tool yang memiliki segitiga di bagian kanan bawah untuk memilih tool yang tersembunyi.
Mencerminkan dan Memutar Gambar
Cobalah menu Image -> Rotate Canvas -> Flip Canvas Vertikal, Image -> Rotate Canvas -> Flip Canvas Horisontal. Untuk memutar gambar, pilih menu Image -> Rotate Canvas -> pilih sudut yang dikehendaki.
Undo
Undo digunakan untuk membatalkan perintah terakhir, tekan Alt+Ctrl+Z, atau gunakan pallete history.
Memindahkan gambar ke dokumen lain
Untuk memindahkan gambar gunakan Move Tool.
Save for web
Gunakan menu File -> Save for Web untuk menghasilkan gambar dengan ukuran kecil yang biasa digunakan pada web site.


SELECTION AND TOOL
Menyeleksi Gambar pada Phtoshop
Menyeleksi berarti memilih bagian tertentu dari gambar. Dengan seleksi kita dapat mengcopy, mengubah, menggeser, atau menambahkan efek kepada bagian yang terseleksi tanpa mempengaruhi bagian lain.
Ada tiga cara menyeleksi yaitu:
1. Marquee Tool, yaitu menyeleksi dalam bentuk kotak, elips, row, dan kolom
2. Lasso Tool, untuk menyeleksi dalam bentuk bebas, poligonal atau kekontrasan gambar (Magnetic Lasso Tool).
3. Magic Wand Tool, untuk menyeleksi berdasarkan persamaan warna.
Tipe seleksi ada dua (dapat dipilih pada Option Bar), yaitu:
1. Normal, memiliki pinggiran yang tajam.
2. Feather, memiliki pinggiran yang halus atau kabur.

KETERANGAN

Rectangular Marquee Tool
Gunakan rectangular marquee tool untuk memotong gambar dalam bentuk kotak. Gunakan menu Select -> Transform Selection untuk mengubah seleksi dan menu Select -> Feather untuk mengatur ketajaman pinggiran potongan.
Elliptical Marquee Tool
Digunakan untuk membuat seleksi elips atau lingkaran. Anda dapat menggunakan Select -> Transform Selection (atau klik kanan) untuk mengubah bidang yang mau diseleksi. Gunakan menu Select -> Feather untuk mengatur ketajaman tepi gambar. Gunakan Select -> Inverse untuk membalik seleksi.
Lasso Tool
Seleksi ini digunakan untuk menyeleksi bentuk bebas dengan mouse.
Polygonal Lasso Tool
Polygonal Lasso Tool digunakan untuk menyeleksi gambar yang memiliki tepi garis lurus, misalnya piramida pada gambar 2.5. Jika tombol Alt ditekan maka Polygonal Lasso Tool akan berfungsi seperti Lasso Tool biasa. Contoh gambar hasil seleksi piramida diperkecil dan diletakkan pada sudut kanan bawah.
Magnetic Lasso Tool
Magnetic Lasso Tool penggunaanya cukup mudah, karena dengan tool ini seleksi gambar akan secara otomatis membuat garis seleksi pada gambar yang berwarna kontras.
Magic Wand Tool
Magic wand tool akan menyeleksi gambar yang memiliki warna sama.
Crop Tool
Crop tool digunakan untuk menghilangkan bagian yang tidak diseleksi. Contoh penggunaanya di sini digunakan untuk memperbaiki hasil scan yang miring.
Healing Brush Tool
Healing Brush Tool digunakan untuk memperbaiki gambar pada bagian tertentu. Aktifkan tool ini, kemudian tekan Alt + Klik pada objek pada bagian yang tidak berkeriput, kemudian klik pada bagian yang keriputnya ingin dihilangkan.
Spot Healing Brush Tool
Spot Healing Brush Tool digunakan untuk memperbaiki kerusakan gambar. Di sini Anda tidak perlu menentukan area yang akan digunakan sebagai patokan, karena akan secara otomatis terpilih dari area di sekitarnya. Misalnya digunakan untuk menghilangkan keretakan pada patung seperti pada gambar 2.10.
Tool ini merupakan tool baru pada Adobe Photoshop CS2 yang tidak ada pada versi sebelumnya.
Patch Tool
Patch Tool digunakan untuk memperbaiki gambar. Tool ini dibuat dengan cara membuat selection dengan mouse atau dengan menahan tombol ALT untuk menghasilkan bentuk poligonal. Selanjutnya drag ke daerah yang akan dijadikan patokan perbaikan.
Red Eye Tool
Red Eye Tool digunakan untuk memperbaiki warna merah pada mata.
Clone Stamp Tool
Clone Stamp Tool digunakan untuk membuat duplikat area pada gambar, atau yang disebut cloning. Tekan ALT pada objek yang akan dikloning, kemudian gunakan mouse pada area tempat objek baru mau diletakkan.
Background Eraser Tool
Tool ini digunakan untuk menghapus background yang memiliki kemiripan warna. Misalnya digunakan untuk menghapus background langit pada gambar kupu-kupu.
Magic Eraser Tool
Seperti Background Eraser Tool, tool ini akan menghapus area dengan warna sama, namun efeknya adalah ke seluruh gambar, bukan hanya area yang diklik.
Color Replacement Tool
Color Replacement Tool akan mengubah warna gambar tanpa mengubah bentuk dari gambar tersebut. Tool ini akan secara otomatis hanya mengubah area dengan warna sama menjadi warna lain yang dikehendaki.
Blur, Sharpen, dan Smugde Tool
Blur Tool digunakan untuk mengaburkan area. Misalnya digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik pada wajah. Sharpen Tool merupakan kebalikan dari Blur Tool. Dengan Sharpen Tool, gambar akan menjadi lebih tajam. Smugde Tool digunakan untuk mengubah bentuk gambar dengan cara drag mouse.
Dogde, Burn, dan Sponge Tool
Dogde Tool digunakan untuk membuat area menjadi lebih terang. Burn Tool digunakan untuk mempergelap area. Spong Tool digunakan untuk mencerahkan (saturate) atau mengurangi warna (desaturate).

PERMAINAN WARNA PADA PHOTOSHOP
Warna apapun dapat dinyatakan dalam tiga warna dasar (RGB) yaitu merah, hijau, dan biru. Cara menyatakan warna yang lain adalah dengan mode HSL yaitu Hue, Saturation, dan Lightness. Mode lain adalah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black).
Pada bab ini akan dibahas mengenai permainan warna, mulai dari mengatur latar belakang gambar, membuat gradient, mengatur brightness & contrast, dan masih banyak lagi tool-tool yang menarik. Pada subbab selanjutnya Anda dapat langsung praktek dengan didampingi instruktur.
Paint Bucket Tool
Paint Bucket Tool digunakan untuk mengganti background yang memiliki warna sama atau mirip. Background dapat diganti dengan pattern.
Gradient Tool
Gradient tool digunakan untuk menghasilkan warna gradasi. Jangan lupa lakukan seleksi terlebih dahulu bagian mana yang akan diisi warna gradasi. Jika tidak, maka seluruh kanvas terisi dengan gradasi.
Brush Tool
Brush Tool digunakan sebagai kuas dalam mengambar dengan mouse. Atur besar kecilnya brush, hardness, opacity, dan flow. Bush Tool dapat juga bekerja pada mode Air Brush.
Brightness/Contrast
Brightness digunakan untuk mengatur kecerahan gambar. Contrast digunakan untuk mengatur ketajaman gambar. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Brightness/Contrast.
Level
Level berfungsi mirip dengan Brightness/Contrast namun lebih fleksible karena warna dapat diatur warna gelap, warna menengah, dan warna terang. Level dapat bekerja pada selection atau seluruh kanvas. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Level.
Curves
Curves bekerja seperti level, namun Anda mengatur warna RGB dalam bentuk curva. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Curves. Curva dapat diatur otomatis, mode RGB atau diatur sendiri-sendiri untuk tiap-tiap warna.
Color Balance
Melalui menu Image -> Adjustment -> Color Balance kita dapat mengatur keseimbangan warna.
Photo Filter
Photo filter digunakan untuk memberikan filter pada gambar. Mirip seperti filter yang diletakkan di depan lensa kamera. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Photofilter.
Replace Color
Replace Color digunakan untuk mengganti warna tertentu dalam gambar, sedangkan warna yang lain tidak ikut berubah. Misalnya untuk mengganti warna apel dengan tanpa mengubah warna background. Gunakan menu Image -> Adjusments -> Replace Color.
Hue/Saturation
Hue/Saturation digunakan untuk mengganti warna pada keseluruhan gambar/seleksi. Hue adalah warna, sedangkan Saturation adalah tebal/tipisnya warna. Gunakan tool ini melalui Image -> Adjustment -> Hue/Saturation. Perubahan warna dapat diatur pada chanel master, atau tiap-tiap warna.
Match Color
Match Color akan menyamakan warna gambar source kepada gambar yang akan diubah. Misalnya di sini akan diubah gambar danau3.jpg, menjadi suasana matahati terbit seperti gambar acuan. Gunakan tool ini melalui menu Image -> Adjustment -> Match Color.

TEKS DAN VECTOR PHOTOSHOP
Horisontal Type Tool
Horisontal Type Tool digunakan untuk membuat teks secar horisontal. Hasil teks dapat dipindahkan dengan Move Tool.
Horisontal Type Mask Tool
Horisontal Type Mask Tool digunakan untuk menyeleksi dalam bentuk teks.
Pen Tool
Peen Tool digunakan untuk membuat garis lurus dan garis lengkung dalam bentuk vektor. Klik sekali untuk membuat anchor point, kemudian jika kurva telah terbentuk, drag anchor point untuk membuat direction point. Path yang dibuat oleh Pen Tool dapat diubah menjadi selection.
Rectangle, Ellipse, Poligon, dan Custom Shape Tool
Tool ini berguna untuk menghasilkan bentuk kotak (rectangle), ellips, poligon, dan berbagai macam bentuk lain yang telah disediakan oleh Adobne Photoshop. Bentuk-bentuk tersebut misalnya hati, lampu, not balok, dan lain sebagainya.

LAYER, MASK, AND STYLE 
Layer adalah lapisan tembus pandang. Bagian yang tidak bergambar pada sebuah layer bersifat transparan. Layer dapat ditumpuk dan diatur susunannya. Dengan menggunakan layer, efek-efek akan berlaku dalam layer tertentu saja, tanpa mengganggu layer yang lain.
Quick Mask Mode
Quick Mask Mode digunakan untuk menyeleksi dengan menggunakan Brush Tool. Aktifkan tool ini dengan menekan tombol Q pada keyboard atau memilih tool Quick Mask Mode.
Layer Mask
Layer Mask digunakan untuk menyembunyikan bagian tertentu pada layer. Gunakan warna hitam untuk menyembunyikan gambar dan warna putih untuk menampilkan gambar.
Layer Style
Layer Style merupakan teknik memberikan efek tertentu pada suatu layer. Pilih tool Add Layer Style yang ada pada sudut kanan bawah pallete.

EFEK KHUSUS PHOTOSHOP
Filter Liquify
Filter Liquify dapat mengubah gambar secara langsung dengan menggunakan mouse. Misalnya memperbesar/memperkecil mata, menggeser alis, dan sebagainya. Filter ini dapat digunakan melalui menu Filter -> Liquify.
Filter Vanishing Point
Filter Vanishing Point digunakan untuk meng-klone gambar dalam bentuk perspektif. Filter ini dapat digunakan melalui menu Filter -> Vanishing Point. Area sumber kloning ditentukan dengan menekan Alt + Click. Fitur merupakan fitur baru dalam Adobe Photoshop CS2.
Filter Blur
Filter Blur digunakan untuk mengaburkan gambar. Yang menarik dalam filter ini adalah mengaburnya gambar dapat dibuat secara radial. Gunakan filter ini melalui menu Filter -> Blur.