Kamis, 07 Februari 2013

tugas blog


Server



Server Wikimedia
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.
Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur klient/server. Contoh dari layanan ini adalahProtokol Konfigurasi Hos Dinamikserver suratserver PTHserver PTBDNS server, dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat pula membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan merespon request dari klien. Sebagai contoh, klien PKHD akan memberikan request kepada server yang menjalankan layanan server PKHD; ketika sebuah klien membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh server PKHD, yaitu protokol PKHD itu sendiri.
Contoh sistem operasi server adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun SolarisUnix, dan GNU/Linux.
Server biasanya terhubung dengan klien dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.
Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: server aplikasi, server data maupun server proksi. Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh klien, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan klien secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi. Server proksi berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proksi. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet.
Kegunaan server sangat banyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan, atau sekedar penyimpanan data.

Sejarah Server



Tahun 1989, Tim Berners-Lee mengajukan pada perusahaannya, CERN (European Organization for Nuclear Research) sebuah proyek yang bertujuan untuk mempermudah pertukaran informasi antar para peneliti dengan menggunakan sistem hiperteks. Sebagai hasil atas implementasi proyek ini, tahun 1990 Berners-Lee menulis dua program komputer:

sebuah peramban yang dinamainya sebagai WorldWideWeb;
server web pertama di dunia, yang kemudian dikenal sebagai CERN httpd, yang berjalan pada sistem operasi NeXTSTEP.

Dari tahun 1991 hingga 1994, kesederhanaan serta efektifitas atas teknologi yang digunakan untuk berkunjung serta bertukar data melalui Waring Wera Wanua membuat kedua aplikasi tersebut diadopsi pada sejumlah sistem operasi agar dapat digunakan oleh lebih banyak individu, ataupun kelompok. Awalnya adalah organisasi penelitian, kemudian berkembang dan digunakan di lingkungan pendidikan tinggi, dan akhirnya digunakan dalam industri bisnis. Tahun 1994, Tim Berners-Lee memutuskan untuk membakukan organisasi World Wide Web Consortium (W3C) untuk mengatur pengembangan-pengembangan lanjut atas teknologi-teknologi terkait lainnya (HTTP, HTML, dan lain-lain) melalui proses standardisasi.
  
Pengertian Komputer Server
Komputer server adalah komputer yang ditugaskan oleh sipemilik komputer untuk menjadi server dan mengatur computer-kompuer client. Seperti halnya di dalam perusahaan, dimana komputer server tersebut diberi tugas untuk menyimpan hal-hal yang dibutuhkan komputer client.
Jadi dengan komputer server, apapun yang dibutuhkan oleh komputer client maka Komputer Server akan langsung memenuhinya, tidak dibatasi oleh, dan tidak dapat diakses oleh orang lain, hanya orang tertentu yang bisa mengaksesnya, missal pemilik computer server itu sendiri, maka dengan begitu data-data penting atau semacamnya tidak bakalan bocor ke tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.
Namun jika kita lihat dari segi fungsinya yang begitu besar, maka untuk merubah komputer menjadi Komputer Server, Komputer tersebut harus memiliki Spec yang mumpuni. Bukan Cuma prosesor dan RAM yang  besar, Hard Disk dan yg lain harus mendukung. Mengapa demikian? Karena Komputer Server harus selalu aktif karena Komputer server menjadi pintu utama manajemen jaringan yg Anda miliki. Seperti halnya komputer server web site, maka server tersebut harus selalu dan selalu aktif supaya pengunjung Web Anda tetap bisa mengaksesnya setiap saat. Sebaliknya Jika server web tadi dimatikan maka Web Anda tidak bisa diakses sama sekali oleh pengunjung.
Jadi intinya Komputer Server itu harus selalu menyala dalam waktu yang lama, maka perangkat keras komputer server harus memiliki daya tahan serta keandalan yang tinggi. Komputer server juga harus manpu bertahan pada suhu panas tinggi dan harus memiliki pembuang panas, karena pembuang panas ini salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan pada hardware komputer server, kenapa saya katakana penting? Karena akan membantu supaya Komputer Server tdk mengalami over-heating, hal ini juga bisa menurunkan prforma pada komputer server, ini di sebabkan karena terlalu lama menyala dan panas yang lumayan tinggi.


Spesifikasi Komputer Server
Komputer Server asli artinya Komputer yang memang dirancang sebagai komputer server bukan computer rumahan, memang lebih bagus jika kita bandingkan dengan Komputer rumahan yang kita jadikan sebagai Server. Namun untuk server sederhana, minimal spesifikasinya harus menggunakan prosesor minimal 2GH, Memori/RAM Minimal 8GB, Hard Disk minimal 200Gb atau sesuaikan saja dengan banyaknya data yang akan kita simpan. Bukan Cuma itu sebuah server juga harus menggunakan VGA dengan kapasitas yang cukup tinggi, paling tidak Anda menggunakan 1 GB untuk VGAnya dan kecepatan jaringan paling tidak 2×100 Mbps. Namun yang terpenting adalah sebuah modem.


Jenis – Jenis Komputer Server 
Server Aplikasi (Application server)
Server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi. 
Server Data (Data Server)
adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan basis datadan melayanikomputer atau program aplikasi  basis data yang menggunakan modelklien/server. 
Server Proxy (Proxy Server)
Berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.


Macam-macam komputer server

Server Virtual : adalah sebuah komputer fisik yang berkomitmen untuk permintaan  Pelanggang individu, dapat secara individual boot dan menjaga privasi komputer yang terpisah. Pada dasarnya, jarak antara share dan dedicated server berkurang memberikan kebebasan kepada pelanggan lain, dengan biaya kurang. Sekarang, ia telah menjadi mana-mana di pusat data.

Server Application: Juga dikenal sebagai jenis middleware, ia menempati sejumlah besar wilayah komputasi antara server database dan pengguna akhir, dan umumnya digunakan untuk menghubungkan keduanya.

Server Obrolan: Ini berfungsi pengguna untuk pertukaran data dalam lingkungan yang mirip dengan newsgroup internet yang menyediakan kemampuan real-time diskusi.

Server Audio / Video : Menyediakan kemampuan multimedia ke situs web dengan membantu pengguna untuk menyiarkan streaming konten multimedia.

Server Fax: Ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk organisasi yang mencari sumber daya minimum telepon masuk dan keluar, tetapi perlu dokumen fax yang sebenarnya.

Groupware Server: Ini adalah software yang dirancang yang memungkinkan pengguna untuk bekerja sama, terlepas dari lokasi, melalui internet atau intranet perusahaan dan berfungsi bersama-sama dalam suasana virtual.

FTP Server : Ia bekerja di salah satu tertua dari layanan Internet, protokol transfer file. Ini menyediakan transfer file aman antara komputer sambil memastikan keamanan file dan kontrol transfer.

IRC Server : Ini adalah pilihan ideal untuk mereka yang mencari kemampuan real-time diskusi. Internet Relay Chat terdiri dari server jaringan yang berbeda yang memungkinkan pengguna untuk saling terhubung melalui jaringan IRC.

Mail Server : Ini transfer dan toko mail melalui jaringan perusahaan melalui LAN, WAN dan di Internet.

Daftar Server : Menyediakan cara yang lebih baik mengelola milis. Server dapat berupa diskusi interaktif terbuka untuk orang-orang atau daftar satu arah yang memberikan pengumuman, buletin atau iklan.

Server Berita: fungsinya sebagai sumber distribusi dan pengiriman untuk banyak kelompok berita umum, didekati melalui jaringan berita USENET.

Telnet Server: Hal ini memungkinkan pengguna untuk log on ke komputer host dan menjalankan tugas sebagai jika mereka bekerja pada komputer remote.

Proxy Server : Ini bertindak sebagai mediator antara program klien dan server eksternal untuk menyaring permintaan, meningkatkan kinerja koneksi dan berbagi.

Web Server : Menyediakan konten statis ke web browser dengan memuat file dari disk dan mentransfer melalui jaringan ke web browser pengguna. Pertukaran ini adalah intermediated oleh browser dan server, berkomunikasi menggunakan HTTP.

Server Platform: Server platform adalah perangkat keras komputer atau perangkat lunak komputer dasar untuk sistem yang bertindak sebagai mesin yang menggerakkan server. Hal ini sering digunakan secara sinonim dengan sebuah sistem operasi komputer.

Server hardware


A rack-mountable server. Top cover removed to reveal the internal components.
Hardware requirements for servers vary, depending on the server application. Absolute CPU speed is not quite as critical to a server as it is to a desktop machine[citation needed]. Servers' duties to provide service to many users over a network lead to different requirements such as fast network connections and high I/O throughput. Since servers are usually accessed over a network, they may run in headless mode without a monitor or input device. Processes that are not needed for the server's function are not used. Many servers do not have a graphical user interface (GUI) as it is unnecessary and consumes resources that could be allocated elsewhere. Similarly, audio and USB interfaces may be omitted.
Servers often run for long periods without interruption and availability must often be very high, making hardware reliability and durability extremely important. Although servers can be built from commodity computer parts, mission-critical enterprise servers are ideally very fault tolerant and use specialized hardware with low failure rates in order to maximize uptime, for even a short-term failure can cost more than purchasing and installing the system. For example, it may take only a few minutes of down time at a national stock exchange to justify the expense of entirely replacing the system with something more reliable. Servers may incorporate faster, higher-capacity hard drives, larger computer fans or water cooling to help remove heat, and uninterruptible power supplies that ensure the servers continue to function in the event of a power failure. These components offer higher performance and reliability at a correspondingly higher price. Hardware redundancy—installing more than one instance of modules such as power supplies and hard disks arranged so that if one fails another is automatically available—is widely used. ECC memory devices that detect and correct errors are used; non-ECC memory is more likely to cause data corruption.[3]
To increase reliability, most servers use memory with error detection and correctionredundant disks, redundant power supplies and so on. Such components are also frequently hot swappable, allowing technicians to replace them on the running server without shutting it down. To prevent overheating, servers often have more powerful fans. As servers are usually administered by qualifiedsystem administrators, their operating systems are also more tuned for stability and performance than for user friendliness and ease of use, Linux taking a noticeably larger percentage than for desktop computers.[citation needed]
As servers need a stable power supply, good Internet access, increased security and are also noisy, it is usual to store them in dedicated server centers or special rooms. This requires reducing the power consumption, as the extra energy used generates more heat thus causing the temperature in the room to exceed acceptable limits; hence normally, server rooms are equipped with air conditioning devices. Server casings are usually flat and wide (typically measured in "rack units"), adapted to store many devices next to each other in a server rack. Unlike ordinary computers, servers usually can be configured, powered up and down or rebooted remotely, using out-of-band management, typically based on IPMI.
Many servers take quite a long time for the hardware to start up and load the operating system. Servers often do extensive pre-boot memory testing and verification and startup of remote management services. The hard drive controllers then start up banks of drives sequentially, rather than all at once, so as not to overload the power supply with startup surges, and afterwards they initiate RAID system pre-checks for correct operation of redundancy. It is common for a machine to take several minutes to start up, but it may not need restarting for months or years.
server rack seen from the rear  
Wikimedia Foundation servers as seen from the rear  
Wikimedia Foundation servers as seen from the rear  


komputer Server



Baik di posting ini saya akan share tentang Cara Membuat Jaringan Komputer, LAN, Server. Kita akan Mempelajari Tentang KONSEP JARINGAN, PERANGKAT JARINGAN, LANGKAH KERJA DAN TROUBLESHOOTING. Disertai dengan gambar yang memudahkan anda dalam mengerjakan jaringan, serta software yang akan mendukung anda.

Daftar Isi E-Book :

CHAPTER 1 MENGENAL JARINGAN KOMPUTER

    1.Sejarah Jaringan Komputer
    2.Manfaat Jaringan Komputer
    3.Topologi Jaringan komputer
    4.Membedakan Jenis Jaringan Komputer
    5.Memahami Lebih Mendalam Beberapa Jalur Jaringan Komputer
    6.Sistem Operasi Baru dan Jaringan Komputer
    7.Berkenalan dengan Antarmuka Jaringan Windows XP

CHAPTER 2 HARDWARE JARINGAN KOMPUTER

    1.Komputer Server
    2.Ethernet Hub
    3.Ethernet Switch
    4.Routers Network Repeater
    5.Network Bridges
    6.Network Adapter
    7.Wireless Network Interface Controller
    8.Modems
    9.Networking Cable
    10.Hardware Firewall
    11.Stand Alone Wireless Access Point (WAP)

CHAPTER 3 INSTALASI PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER

    Persiapan Peralatan Kerja
    Menyiapkan Perangkat Keras Jaringan
    Langkah kerja pemasangan perangkat keras
    Penempatan Komputer Server
    Pemasangan Kompter Server Pada Hub/Switch
    Pemasangan Komputer Klien pada LAN kabel
    Penempatan HUB/Switch
    Penempatan dan Pemasangan Router

CHAPTER 4 INSTALASI PERANGKAT LUNAK JARINGAN KOMPUTER

    Instalasi Sistem Operasi
    Cara Set Computer Name dan Workgroup pada Windows XP
    Pengaturan Network Connections
    Cara Konfigurasi TCP / IP Address Pada Komputer Server
    Cara Konfigurasi TCP / IP Address Pada Komputer Klien
    Cara Konfigurasi TCP / IP Address Printer Server
    Cara Konfigurasi TCP / IP Address Wireless Router
    Pengaturan Software Warnet Pada jaringan Komputer

CHAPTER 5 KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER

    Klasifikasi Keamanan Jaringan Komputer
    Macam-Macam Serangan Jaringan Komputer
    Membangun Sistem Keamanan Jaringan Komputer Yang Kuat

CHAPTER 6 MELAKUKAN KONEKSI PADA JARINGAN
    Melakukan Koneksi Jaringan Kabel
    Melakukan Koneksi Jaringan Wireless
    Memeriksa Status Koneksi Jaringan
    Set Up dan Tes Remote Desktop Pada Windows
    Set Up dan Tes Remote Desktop Web Connection

CHAPTER 7 PENGATURAN SHARING DALAM JARINGAN

    Menginstall [File and Printer Sharing] Pada Windows XP
    Sharing File Dan Folder Dalam Jaringan
    Sharing Drive Dalam Jaringan
    Advanced File Sharing Sharing
    Koneksi Internet Dalam Jaringan Kabel Melalui Komputer Server
    Sharing Koneksi Internet Dalam Jaringan Kabel Tanpa Melalui Komputer Server
    Setting Komputer Ad Hoc Wireless Network
    Pemetaan Drive Sharing Dalam Jaringan
    Membuat Folder Sharing Bisa Diakses Secara Offline
    Mengakses File dan Folder Sharing


CHAPTER 8 TROUBLESHOOTING  JARINGAN  KOMPUTER
    Troubleshooting Koneksi Jaringan Lokal
    Troubleshooting File and Printer Sharing in Microsoft Windows XP
    Network Troubleshooting Commands
    Troubleshooting Diagnostic Tools



Cara menghubungkan komputer server dan client PDF Print E-mail
Banyak Email masuk yang menanyakan Bagaimana cara menghubungkan komputer server dan client? selalu saya jawab lewat email. Nah daripada mesti menjawab lewat email maka jawaban tersebut saya posting disini.
Bagaimana Cara menghubungkan komputer server dan client? sebenarnya cukup mudah yaitu sebagai berikut:
untuk menggunakan software client diperlukan minimal 2 komputer yang terhubung dalam jaringan LAN
  • satu komputer sebagai server (diinstal software server)
  • satu atau yang lain lagi client (diinstal software client)
cara setting atau pengaturan komputer server dan komputer client
  1. setting IP server dengan model statis misal 192.168.1.1
  2. pada server buka C:\Program Files\NamaSoftware cari folder dbfile
  3. sharing folder tersebut full
  4. pada client klik icon connect database dan arahkan ke server misal \\192.168.1.1\dbfile
  5. pilih file db yang nampak dan klik ok
  6. client sudah terhubung

SERVER

Untuk mengatur otoritas user hanya dilakukan di komputer server selanjutnya program di komputer client akan membaca sesuai pengaturan user dan password yang dimasukkan.
Tambahan untuk cara menghubungkan komputer server dan client pada windows 7 dan windows vista caranya sama tetapi ada yang khusus yaitu : software server tidak diinstal di c:\ tapi di d:\ atau lainnya asal jangan di c:\
  1. setting IP server dengan model statis misal 192.168.1.1
  2. pada server buka D:\NamaSoftware cari folder dbfile
  3. sharing folder tersebut full
  4. pada client klik icon connect database dan arahkan ke server misal \\192.168.1.1\dbfile
  5. pilih file db yang nampak dan klik ok
  6. client sudah terhubung

Server Wikimedia
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.
Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur klient/server. Contoh dari layanan ini adalah Protokol Konfigurasi Hos Dinamik, server surat, server PTH, server PTB, DNS server, dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat pula membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan merespon request dari klien. Sebagai contoh, klien PKHD akan memberikan request kepada server yang menjalankan layanan server PKHD; ketika sebuah klien membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh server PKHD, yaitu protokol PKHD itu sendiri.
Contoh sistem operasi server adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.
Server biasanya terhubung dengan klien dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.
Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: server aplikasi, server data maupun server proksi. Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh klien, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan klien secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi. Server proksi berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proksi. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet.
Kegunaan server sangat banyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan, atau sekedar penyimpanan data.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar